Kota Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi menjangkau masyarakat dan mendistribusikan beras dengan harga yang lebih murah melalui program Sembako Warga Kota Cimahi (Sibesti) yang diadakan di berbagai kelurahan di Kota Cimahi. Menurut Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Salomi, program ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota Cimahi dengan Bulog Cabang Bandung untuk menyediakan beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dengan harga Rp11.600 per kilogram kepada masyarakat. "Setiap kelurahan akan menyediakan kendaraan untuk mengangkut beras tersebut ke kantor kelurahan masing-masing. Pendistribusian ke warga akan dibantu oleh RW untuk memudahkan pendistribusian ke masyarakat,” kata Dickie di Chimahi, Senin.

Dia mengatakan adanya program tersebut merupakan upaya membantu pemerintah untuk menjangkau daerah rawan pangan dengan menjual beras dengan harga terjangkau sebagai upaya mengendalikan inflasi di kota tersebut. "Sivesti merupakan inovasi unggulan Pemerintah Kota Simahi. Sivesti adalah inovasi khas Pemerintah Kota Simahi dan menunjukkan keseriusan Pemerintah dalam menyediakan beras yang terjangkau bagi masyarakat,” katanya. Menurut Dickie, pasokan beras dilakukan setiap bulan dengan berkoordinasi langsung dengan pihak kelurahan dan kemudian didistribusikan langsung dari masing-masing RW kepada warga. "Masyarakat yang mengelola langsung. Masyarakat sangat antusias untuk mendapatkan beras murah, sehingga kegiatan ini rutin dan berkelanjutan,” kata Dickie.

Lebih lanjut ia berharap melalui program ini, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan beras dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan pangan pokok mereka. "Kami telah mendistribusikan 35 ton beras murah dengan harga R11.600 per kilogram dalam kemasan 5 kilogram. Semoga kami dapat meningkatkannya di masa depan,” katanya.