Bandung Barat-Kepadatan mulai terjadi pada hari kedua Jalur Wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis, atau Levaran 2024.

Wartawan mengatakan kepadatan yang terjadi sejak pagi itu terjadi di beberapa titik sepanjang jalur Bandung-Subang yaitu Terminal Ledeng, kemudian hotel Grand Hani, pintu masuk Great Asia Africa dan petani, pintu masuk minimania menuju Simpang Betrix, pertigaan Jalan Grand Hotel, sekitar Pasar Panorama, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Hotel Grand Hani, Dilaporkan bahwa itu terjadi.

Kemacetan disebabkan oleh jalan yang tidak terlalu lebar, pintu SPBU, tempat wisata, pintu gerbang untuk makan dan istirahat, dan sejumlah persimpangan menuju kawasan pemukiman.

Aparat kepolisian, Otoritas Perhubungan Bupati Bandung Barat dan pemangku kepentingan terkait akan mengatur lalu lintas di titik-titik tersebut dan membuat kanal alirannya dengan menambah pembatas yang memisahkan arus lalu lintas ke kota Lembang dan Bandung di titik-titik kepadatan.

Pada titik kepadatan tersebut, diperkirakan kendaraan roda empat hanya dapat melaju dengan kecepatan tertinggi 10-15 km/jam karena jalur kendaraan yang padat.

Kepala satpam Polres Cimahi Ipda Andriansyah menjelaskan kondisi lalu lintas saat ini, meski tidak begitu penting, telah meningkat sejak H-day.

" Ya, mungkin hanya sekitar 20 persen, " kata Andriansyah dari Lembang.

Selain dipengaruhi oleh kegiatan pariwisata yang mengiringi kedatangan wisatawan, kepadatan juga dipengaruhi oleh kegiatan wisatawan lokal ke Chimahi atau Padalalang, atau Bandung melalui Lembang, Palong Pong.

"Ada juga pemudik lokal, jadi ada yang saling berkunjung untuk menyambut lebaran. Ada warga Lembang, warga Bandung juga terus ke Cimahi," kata Andri.

Polri memprediksi puncak kunjungan wisatawan ke Lembang akan terjadi pada akhir pekan, khususnya pada Sabtu (13/4). Kemudian arus balik terjadi pada Minggu (14/4).

"Sejak Selasa (16/4) mulai bekerja kembali, prediksi kami kunjungan itu akhir pekan ini," kata Andri.

Sedangkan dari catatan kepolisian, jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata Lembang belum meningkat signifikan atau tidak terlalu ramai. Seperti rumah pertanian baru sekitar 1.000 pengunjung, ke Great Asia Afrika sekitar 1.500 orang, kemudian ke Taman dan kebun binatang Lembang sekitar 5.000 pengunjung.