Jalur Wisata Bandung-Lembang Bupati Bandung Barat akan sampai di kota Bandung pada hari Sabtu atau Levaran H+3 tahun 2024, masih diawasi ketat bahkan jalur buntut kendaraannya.

Pelapor melaporkan kepadatan kendaraan yang terjadi dari pagi hingga siang terjadi di beberapa titik di sepanjang jalur Bandung-Subang, yaitu simpang Gegerkalong dan Terminal Perpipaan Kota Bandung.

Kemudian terjadi antrean panjang di depan pintu masuk kawasan wisata Great Asia-Africa dan farmhouse Bandung Barat yang berkelok-kelok di sekitar Hotel Gaia Bandung, Simphan Beatrix, serta di perempatan tail of the line dan Jalan Grand Hotel di Panorama Market Lembang.

Kemacetan jalur ini bergantung pada jalan yang tidak terlalu lebar, gerbang tempat wisata, gerbang makan dan istirahat, pintu pom bensin, dan banyaknya persimpangan menuju pemukiman.

Pada titik kepadatan tersebut, diperkirakan kendaraan roda empat hanya dapat melaju dengan kecepatan maksimum 10-15 km/jam karena jalur kendaraan yang padat.

Petugas kepolisian, Dinas Perhubungan Bupati Bandung Barat dan pemangku kepentingan terkait akan mengatur lalu lintas di titik-titik kemacetan dengan mengkanalisasi atau memisahkan arus dan menerapkan sistem buka tutup atau one-way piece di beberapa titik, seperti dari Simpang Beatrix hingga Simpang Grand Hotel.

Kepala Satpam Polres Cimahi Ipda Andriansyah berpendapat pihaknya melakukan sistem buka tutup atau one way work dalam kurun waktu tertentu untuk mengurai kemacetan

"Selama ini paling lama sekitar 10 menit," katanya.

Dibandingkan hari-hari biasa, katanya, selain kepadatan sekitar 10-15 persen dipengaruhi oleh kegiatan pariwisata yang mengiringi kedatangan wisatawan, juga dari kegiatan pelancong lokal ke Lembang, melalui Parongpong ke Chimahi atau Padalalang, atau untuk tetap berhubungan dengan Bandung.

Sebelumnya, polres memprediksikan puncak kunjungan wisatawan ke Lembang akan terjadi pada akhir pekan, khususnya pada hari Sabtu, dan arus balik akan terjadi pada hari Minggu (14/4).

"Kunjungan diharapkan akhir pekan ini karena hari Senin sudah mulai bekerja kembali," kata Andri.