JAKARTA - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan dukungannya kepada para calon yang akan maju dalam Pilkada 2024 di 108 kabupaten/kota, termasuk istri Menteri PAN-RB Azwar Anas dan putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Agus Halimurti Yudhoyono (AHY), Ketua DPP Partai Demokrat, didampingi oleh Sekretaris Jenderal Teuku Rifki Harsha dan Bendahara Umum Renville Antonio, dalam acara yang sama di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis, menyerahkan surat dukungan untuk 108 calon kepala daerah di 108 kabupaten/kota. Diserahkan.
Saat menyerahkan surat dukungan tersebut, AHY menjelaskan bahwa para calon yang diusung partai telah melewati serangkaian tahapan evaluasi. "Tentu saja mereka diusung melalui berbagai proses dan tahapan, yang merupakan tugas kami, sehingga kami bisa melihat potensi masing-masing calon, peluang mereka untuk menang," kata AHY. Dari 108 calon kepala daerah yang diusung DPJ, ada dua nama yang menarik perhatian. Yakni, Ipuk Fiestiandani dan Muziono, pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada, Banyuwangi tahun 2024. Ipuk adalah istri dari anggota eksekutif PDI Perjuangan, Azwar Anas, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Sementara itu, nama Hanindito Himawan Pramana dan Dewi Maria Urfa, calon bupati dan wakil bupati Pirkada Kabupaten Kediri 2024, juga menarik perhatian. Hanindito merupakan petahana yang sedang menjabat untuk periode 2021-2024.

Ia adalah putra dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan petinggi PDI Perjuangan.

Mengenai nama bakal calon yang merupakan kader partai lain, AHY menyatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk kerja sama antara partainya dengan partai lain dalam Pirkada 2024. "Kami berkoalisi dengan semua partai dan tentunya kami berharap semua partai segera sesegera mungkin menyusun langkah-langkah taktis dan strategi selanjutnya agar kita bisa memasuki masa pemilihan untuk memenangkan Pilkada," kata AHY. Nama-nama bakal calon kepala daerah di 108 kabupaten/kota yang resmi diusung oleh DP pada hari ini adalah: