Bandung-Area Bisnis PT Kereta Api Indonesia (KAI) 2 Bandung telah mengubah pola pengoperasian atau pergerakan kereta api dari tahun 2024/7/1/3 bertepatan dengan musim liburan sekolah.

Humas KAI Daop2 Bandung Ayep Hanapi mengatakan perubahan pola pengoperasian ketiga kereta tersebut mulai tahun 2024/7/1/3 akan terkait dengan jadwal kereta atau stasiun pemberhentian.

"Banyak pola pengoperasian kereta berubah karena beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis. Pelanggan kembali harus memperhatikan jadwal perjalanan keretanya," kata Ayep dalam keterangannya di Bandung, Selasa.

Selama masa liburan sekolah ini, okupansi penumpang PT KAI Daop2Bandung meningkat 30% dari hari biasa.



" Jumlah penumpang selama musim liburan ada sekitar 11 ribu orang yang menggunakan moda transportasi kereta api. Pada akhir pekan yang khas, jumlah penumpangnya sekitar 8000 orang. Oleh karena itu, saat ini terjadi peningkatan penumpang sekitar 30% dan persentase ini diproyeksikan akan terus meningkat karena musim liburan masih panjang," kata Ayep.

Berdasarkan data KAI Daop2 Bandung, daftar kereta api yang mengalami perubahan operasional per 2024/7/1 adalah sebagai berikut::

A. Stasiun keberangkatan Bandung
1. KA43A Argo Parahyangan berangkat dari Stasiun Bandung pukul 05.25 WIB (sebelumnya berangkat pukul 06.00 WIB), berhenti di stasiun Cimahi, Bekasi, Jatinegara, Gambir (sebelumnya tidak berhenti di Jatinegara);

2. KA39b Argo Parahyangan, berangkat dari Stasiun Bandung 11.30 WIB (no perubahan), halte stasiun Cimahi, Bekasi, Jatinegara, Gambir (sebelumnya tidak berhenti di Bekasi dan Jatinegara);

B. Stasiun kedatangan Bandung
1. KA180A Baturraden Ekspres tiba di Stasiun Bandung pukul 04.45 WIB (sebelumnya pukul 02.40 WIB).