Bupati Bandung-Bupati Bandung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Menyatakan membakar sampah rumah tangga sebelum musim kemarau untuk mencegah kebakaran akibat kegiatan tersebut.

"Jangan membuang atau membakar sampah. Masyarakat harus bijak dalam mengelola sampah dengan cara yang ramah lingkungan," kata Bupati BPBD Bandung Uka Suska Pujiutama, kepala Bupati Bandung, Senin

Menurutnya masyarakat harus mengubah kebiasaannya dengan tidak membakar sampah dengan mengolahnya menjadi pupuk organik.



" Apalagi di musim kemarau, tumpukan sampah rawan kebakaran. Sampah rumah tangga khususnya sampah organik bisa dimanfaatkan untuk pabrik pupuk organik," katanya.

Uka juga menghimbau kepada masyarakat untuk menghemat penggunaan air bersih yang biasa digunakan sehari-hari dalam menghadapi musim kemarau ini.

"Dengan pasokan air bersih yang diharapkan dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama," katanya.



Untuk menghadapi musim kemarau ini, kata dia, Bupati BPBD Bandung akan melakukan rapat koordinasi dengan berbagai elemen dan personel siaga serta menyiapkan peralatan yang diperlukan.

"Diantaranya rapat koordinasi dengan PDAM, PMI, Disperkintan, DPUTR, bakti sosial, bakti pertanian, Dispakan, lembaga kesbangpol, yang juga meliputi kepala kecamatan dan kepala desa serta pihak lainnya," katanya.

Selain itu juga akan mengikutsertakan relawan di setiap desa dan kelurahan untuk mendapatkan informasi dan respon cepat pada setiap kemungkinan kejadian yang tidak terduga.



" Kami juga mengharapkan tanggapan segera dari desa dan kabupaten kecil dalam semua situasi dan situasi yang dilaporkan. Misalnya kekeringan dan kebakaran," katanya.