Jakarta-Menteri Ekonomi Kreatif Pariwisata Sandiaga Uno mengatakan akan meningkatkan kerja sama dengan PERMODALAN Nasional Madani (PNM) untuk memfasilitasi akses permodalan bagi entitas ekonomi kreatif.

" Kita tingkatkan kerja sama dengan PNM, dengan kapasitas MOU dan kesepakatan kerja sama untuk memberikan akses kepada 34 juta pelaku parekraf yang mungkin membutuhkan sentuhan dukungan modal dari Pnm

Jelasnya, PNM sebagai badan usaha milik negara yang bergerak di bidang permodalan dapat mempermudah akses permodalan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Ini adalah tempat yang bagus untuk memulai hari Anda.

Katanya, ada beberapa program kemenparekraf yang bisa bekerjasama dengan PNM. Diantaranya adalah program kelas keuangan, pertemuan bisnis dan pengembangan desa wisata.

" Semoga ini semua menjadi momentum keberkahan dan semoga menjadi energi positif bagi kita untuk lebih optimis dan memajukan serta memajukan perekonomian Indonesia.

Selain itu, Sandiaga juga mengajak pelaku ekraf dari kalangan perempuan dan ibu-ibu untuk bergabung dengan PNM dengan program memajukan ekonomi keluarga sejahtera (Mekaar)."Kami mendorong Anda untuk ikut serta dalam acara tersebut.

Diketahui ada 1.080 juta wirausaha perempuan yang telah mengikuti program PNM Mekaar.

" Wirausaha mikro perempuan ini akan diberikan dukungan tambahan dan khusus dalam menjalankan kelangsungan usaha," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis PNM Kindaris mengatakan pihaknya siap bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan UMKM di Cimahi dan wilayah Indonesia lainnya.