Jakarta-PT LIB menyampaikan Liga 2 2023/2024 akan kembali ke 2024-12, dengan memasuki 16 babak yang melibatkan pelaksanaan play-off degradasi.

Presiden LIB Ferry Paulus menggunakan istilah Top 2 dan Top 12 untuk merujuk pada dua fase lanjutan dari kompetisi La Liga. Istilah top 12 digunakan untuk merujuk pada persaingan feri untuk promosi ke Liga 1, sedangkan top 16 digunakan untuk merujuk pada kelanjutan kompetisi yang bertujuan untuk menurunkan tim ke Liga 3.

"16 Besar dimulai bersamaan dengan 12 Besar. Dimulai pada 1/6 dan berakhir hingga 2/3. Itu saja untuk 12 besar. Kemudian dilanjutkan setelah pilkada (pilkada), masuk ke empat besar terbaik, jadi juara 12 Besar, tiga juara grup plus runner-up terbaikYa, masuk ke sistemround robin, laluHome and away,"Feri itu adalah Century Park Hotel, Jakarta."Luta, berbicara pada konferensi pers setelah pertemuan pemilik klub La Liga 2 pada hari Selasa.

"Dalam kasus 16 besar, itu dari 2/6 menjadi 3. Kemudian 2 tim di bawah masing-masing grup akan diturunkan pangkatnya, dan juara 1 dan 2 di masing-masing grup akan tetap di Liga 2," tambahnya.

Saat itu, Ferry juga mengatakan ada 2 klub Liga yang belum memiliki stadion untuk memainkan pertandingan fase advance 3. 3 klub tersebut adalah Deltras Sidoarjo, Malut United dan Persiraja Banda Aceh.

Akibatnya, feri dijadwalkan hingga 5 hari ke depan dan 3 klub dapat menjadikan stadion sebagai rumah mereka setelah fase 12 Besar.

Ia juga menegaskan Liga 2 2023/2024 belum mengalami kendala dengan kegagalan perizinan dari POLRI dan menegaskan PT LIB pada Selasa (20/12) akan mengunjungi Mabes Polri untuk memberikan jadwal, lokasi pertandingan mendatang dan nama-nama klub peserta Menteri Senior.

"Pada prinsipnya tidak ada perubahan. Selama waktu ini beberapa tidak stabil, dilarang atau mungkin tidak, tetapi jika sebelumnya kami mengkonfirmasi, kami akan menetapkan jadwal.



Mengenai peluang menggunakan wasit asing di Liga 2, Ferry menegaskan pihaknya sebagai penyelenggara liga tidak hanya mengurusi masalah teknis seperti transportasi, akomodasi dan kehormatan, namun juga pada wasit Dirinya menegaskan bahwa kewenangan seputar wasit adalah wilayah PSSI.

"Saya masih belum tahu apakah Liga 2 ada peluang menggunakan wasit asing, karena konsumsi atau kebutuhan wasit berasal dari Liga dan bukan dari PSSI. Jadi kita tunggu saja, mungkin PSSI akan melakukan semuanya jika diperlukan," kata Ferry.

Nama klub peserta Babak 12 Besar adalah sebagai berikut:

Kelompok X

Semen Padang

Persilaja Banda Aceh

PSMS Medan

PSIM Yogyakarta

Kelompok Y

Kota Bekasi

Persera Ramongan

Malu

Del Tras Sidoalho

Kelompok Z

Psbs Biak

Persevar Waropen

Persipar Babel United

Gresik United

Babak 16 Besar (play degradasi)

Grup C

Persijap Jepara

Sulawesi Utara United

Psps Riau

Kabupaten PERSIKAB Bandung

PSDS Deli Serdang

Grup C

Persijap Jepara

Sulut Bersatu

Persipa Pati

Persiba Balikpapan

Grup D

Persipura Jayapura

PSCS Cilacap

Kaliman Tengah Tambtora

Persekat Tegalu